Selasa, 10 Oktober 2017

Fintech


Fintech

  Menurut definisi yang dijabarkan oleh National Digital Research Centre (NDRC), FinTech adalah "innovation in financial services” atau istilah yang digunakan untuk menyebut suatu inovasi di bidang jasa finansial. Kata FinTech sendiri berasal dari kata financial dan technology yang mengacu pada inovasi finansial dengan sentuhan teknologi modern.

Sejarah

dimulai pertama kali pada tahun 2004 oleh Zopa, yaitu institusi keuangan di Inggris yang menjalankan jasa peminjaman uang. Kemudian model keuangan baru melalui perangkat lunak Bitcoin yang digagas oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008. Dalam perspektif sejarah, konsep inti dari pengembangan FinTech sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari aplikasi konsep peer-to-peer (P2P) yang digunakan oleh Napster pada tahun 1999 untuk music sharing.

Jenis-jenis usaha/startup
  • Pembayaran (Payments) 

Perusahaan pembayaran, seperti: Veritrans, DoKu, Kartuku, iPay88, Easypay, MCpayment, Padipay, Kinerjapay.com, Truemoney, Faspay, Fasapay, Xendit, Espay, Wallezz, Cashlez, Mimopay, Indopay, Firstpay, IPaymu.com, Ovo, Nicepay, Hellopay, Kesles,
Mobile payments company seperti Sakuku BCA, Dompetku Indosat Ooredoo, Uangku SmartFren, Dimo, Mynt, Matchmove
Gift Card : GCI Indonesia
BitCoin : BitX.co
Electronic Money : Sepulsa.com, Davestpay.com, GoPay, Indomog, Kudo, Ayopop,
Bebas Transfer : Kliring.co.id, SudahTransfer, Flip, 
Bayar Tagihan : Paybill.id, SatuLoket.com
Lainnya : Ainosi
  • Investasi
Indonesia memiliki beberapa startup yang memberikan kemudahan askes di bidang investasi, seperti Bareksa (Marketplace Reksa Dana) dan  IpotFund (Supermarket Reksa Dana). Xdana.com, 
Perencanaan Keuangan
Expense Tracker untuk Personal : NgaturDuit.com, Dompet Sehat
Expense Tracker untuk Bisnis UMKM : Jurnal.id, Akunting Mudah, Sleekr, Yonk.io
Pajak : Online-Pajak.com
  • Pembiayaan (Lending)
Startup yang satu ini bergerak dalam pembiayaan. Pembiayaan yang dimaksud adalah pembiayaan dalam

Pembiayan berbentuk utang seperti UangTeman.com, TemanUsaha.com, Terhubung.com, BosTunai.com, Mekar.id, Tanihub.com, Taralite.com, Pinjam.co.id, Eragano.com, DrRupiah.com

Pembiayaan berbasis patungan atau pembiayaan masal (crowdfunding), seperti Wujudkan.com, Kitabisa.com, Ayopeduli.com dan GandengTangan.org. WeCare.id, Indves.com, GandengTangan.org, LimaKilo.id, iGrow.asia, Iwak.me, KapitalBoost.com

Pembiayaan berbasis Peer to Peer Lending (P2P) : Koinworks.com, Amartha.com, DanaDidik.com, Crowdo.com, Investree.com.
Cicilan Tanpa Kartu Kredit : Kredivo.com, ShootYourDream.com, Cicil.co.id.
  • Situs Pembanding Produk Keuangan (Comparison Site atau Financial Aggregator) 
Di Indonesia terdapat beberapa startup yang bergerak di bidang perbandingan produk, seperti
Produk Keuangan secara umum : DuitPintar.com, HaloMoney.co.id, CekAja.com, Cermati.com, PilihPintar.co.id, SikatAbis.com, AturDuit.com, KreditGoGo.com
Khusus Asuransi : RajaPremi.com, Asuransi88.com, PremiKita.com, Premiro.com, PasarPolis.com, CekPremi.com
  • Riset Keuangan
Startup dibidang riset keuangan memang belum berkembang pesat di Indonesia. Salah satu perusahaan yang melayani riset dan data adalah Infovesta.com.


Bareksa.com

Bareksa.com adalah marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia, yang bernaung di bawah PT Bareksa Portal Investasi yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013. Portal ini, selain menyediakan platform untuk melakukan jual-beli reksa dana secara online, juga memberikan layanan data, informasi, dan alat investasi reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya, untuk memudahkan masyarakat berinvestasi.
Didirikan dan diawaki anak-anak muda yang berpengalaman di bidang pasar modal, teknologi informatika dan media digital, Bareksa.com memiliki visi dan misi untuk ikut menumbuh kembangkan dunia investasi di kalangan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informatika dan Internet. Bareksa.com juga berambisi turut serta semakin meningkatkan eksposur dunia investasi nasional ke pasar global.

Produk :

1. Data market 
Kami menyediakan berbagai data yang komprehensif, mendalam, dan updated yang pada tahap awal meliputi data reksa dana, saham, dan obligasi.
2. Alat investasi 
Untuk memudahkan investor dan calon investor, kami mengembangkan dan menyediakan berbagai alat dan aplikasi digital yang dirancang untuk memudahkan mencari, mengolah, dan menganalisis data yang relevan untuk pengambilan keputusan berinvestasi.
3. Berita dan analisis 
Di tengah menggunungnya berita dan informasi di era digital ini, kami menyediakan dan memilihkan berbagai berita, informasi, dan analisis mendalam yang termutakhir dan relevan bagi investor dan calon investor dalam mengambil keputusan investasi. Bareksa.com juga menyediakan platform di mana investor dan calon investor dapat bergabung, berdiskusi, dan saling berbagi di komunitas online investor.
4. Marketplace Reksa Dana 
Bareksa.com juga menyediakan platform bagi Anda untuk melakukan investasi secara online melalui komputer personal, telepon seluler, maupun tablet Anda. Platform ini dirancang oleh tim kami yang berpengalaman untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan kemudahan Anda dalam bertransaksi dan berinvestasi. Untuk tahap pertama, kami menyediakan marketplace untuk melakukan jual beli reksa dana secara online. 



Koinworks.Com

KoinWorks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani investasi online P2P Lending dengan machine learning yang inovatif, menghubungkan Investor dengan Peminjam dalam sebuah platform teknologi mutakhir. Investor dapat berinvestasi mulai dari Rp 100.000 dan Peminjam dapat mengajukan pinjaman dengan bunga rendah.

Mengapa koinworks? 

KoinWorks memberi kemudahan akses dan nilai lebih bagi Investor dan Peminjam.
Kami memangkas biaya dan mempercepat proses sehingga lebih efektif ketimbang lembaga keuangan tradisional. Peminjam yang mencari pinjaman online tanpa jaminan non bank dengan bunga pinjaman lebih rendah akan dihubungkan dengan Investor yang mencari return investasi alternatif yang lebih menguntungkan.
Dengan kata lain, Peminjam membayar lebih sedikit, Investor mendapatkan lebih banyak.

Produk :
  • Pembiayaan Bisnis
Pembiayaan bisnis KoinWorks difokuskan bagi sektor UKM di Indonesia yang memiliki kegiatan penjualan secara online dan telah berjualan di platform online yang menjadi mitra KoinWorks. Dengan bekerjasama dengan mitra terkemuka, KoinWorks dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan aman untuk para Investor dan Peminjam.Contoh : Lazada, Tokopedia, Bhineka.com
  • Pembiayaan Pendidikan
Pembiayaan pendidikan KoinWorks saat ini difokuskan untuk lembaga kursus singkat yang memberikan program pengembangan kemampuan siap kerja bagi para siswa. Fitur ini memberikan fasilitas pembiayaan ringan bagi Peminjam tanpa mempengaruhi jumlah pembayaran ke para Investor.
Dana yang terkumpul dari para Investor juga langsung diberikan kepada mitra kerjasama pembiayaan pendidikan KoinWorks untuk menjamin kepastian dan keamanan investasi Anda
  • Pembiayaan Kesehatan
Pembiayaan kesehatan dikhususkan bagi pengobatan atas penyakit non-kronis. Pembiayaan kesehatan ini fokus pada layanan kesehatan yang dapat membantu meningkatkan kehidupan sehari-hari. Contoh layanan yang dibiayai oleh pembiayaan kesehatan KoinWorks antara lain :Kecantikan, Mata, Gigi, Kehamilan, Fisioterapi dan Cek Medis.



Kitabisa.com

Kitabisa adalah platform untuk menggalang dana dan berdonasi secara online (crowdfunding) terpopuler di Indonesia.
Sejak tahun 2013, kami menyediakan wadah dan teknologi online bagi individu, komunitas, organisasi, maupun perusahaan) yang ingin:
1.Menggalang dana dengan membuat halaman donasi online (kami sebut halaman campaign) untuk beragam tujuan sosial, personal, kreatif dan lainnya.
2.Berdonasi kapan saja secara online ke campaign-campaign di Kitabisa sesuai dengan kategori atau organisasi yang ia peduli.
Kitabisa menerapkan kebijakan open platform. Artinya, dalam hitungan menit siapapun dapat membuat halaman donasi di Kitabisa selama mereka melengkapi syarat verifikasi identitas dan tidak melanggar hukum di Indonesia

Bagaimana kita yakin bahwa dana yang di donasikan akan diberikan kepada yang membutuhkan? 
1.informasi penggalang dana
Ditampilkan lengkap di halaman online yang bisa di akses kapan saja. 
2.notifikasi transaksi untuk donatur
Realtime via sms dan email saat donatur terverifikasi. 
3.transparasi pengumpulan dana
Jelas siapa saja donatur, nilai donasi dan berapa total seluruh donasinya. 
4.transparansi penyaluran dana
Tersedia fitur update yang otomatis terkirim ke semua donatur. 




Sumber :
https://www.finansialku.com/apa-itu-industri-financial-technology-fintech-indonesia/ (diakses 9/10/2017)
http://m.bareksa.com/id/ (diakses 9/10/2017)
https://koinworks.com (diakses 10/10/2017
https://m.kitabisa.com (diakses 10/10/2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aspek Hukum dan Ekonomi

Aspek Hukum dalam Ekonomi PENDAHULUAN Latar belakang Dalam setiap kedudukan kehidupan perekonomian yang sangat dbutuhka...